Minggu, 03 November 2013

makan brokoli dapat mencegah kanker payudara

Cegah kanker payudara dengan makan brokoliSebelumnya brokoli diketahui bisa mencegah dan membantu mengobati kanker kulit serta kanker prostat. Ternyata, khasiat brokoli tak hanya itu saja. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa zat dalam brokoli juga bisa mencegah dan mengobati kanker payudara.

Zat bernama sulforaphane dalam brokoli diketahui bisa menyerang sel kanker. Sulforaphane yang bisa ditemukan dalam brokoli diketahui bisa membunuh sel kanker dan mencegah sel kanker baru untuk tumbuh. Efek ini bahkan melebihi efek yang didapatkan melalui kemoterapi, seperti dilansir oleh Daily Health Post (29/10).


Meski penelitian terhadap sulforaphane masih tergolong awal, namun peneliti berharap bisa menemukan cara terbaik untuk menggunakan zat dalam brokoli tersebut sebagai obat kanker. Baru-baru ini penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa zat ini berhasil menghentikan pertumbuhan tumor dan membuat sel kanker tak muncul lagi.

Lebih menguntungkan lagi karena sulforaphane diketahui tak memberikan efek buruk pada sel yang masih sehat dan normal. Karena banyaknya perawatan kanker yang seringkali menyebabkan gangguan pada sel normal, maka sulforaphane seolah memberikan cahaya terang dalam hal pengobatan kanker.

Jika ingin mencegah kanker payudara, kanker kulit, atau kanker prostat, jangan ragu untuk menambahkan brokoli pada menu makan Anda sehari-hari. Selain mengandung sulforaphane, brokoli juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan nutrisi lain yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Pastikan saja Anda tidak memasak brokoli terlalu lama, misalkan ketika mengukusnya. Memasak brokoli terlalu lama bisa menghilangkan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

sumber : www.merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar