Rabu, 27 November 2013

Hasil Hitung Cepat Pilgub Riau 2013


   Meski sudah ada hasil hitung cepat, pemenang Pilgub Riau putaran kedua masih belum resmi.
Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau menjadwalkan rapat pleno terbuka penghitungan suara Pilgub Riau putaran kedua pada 4 Desember 2013.
"Jadi kami tidak ingin berkomentar banyak soal hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga penelitian," kata Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli di Pekanbaru, Rabu 27 November 2013 sore.
Edy mengatakan, hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga atau organisasi merupakan gambaran hasil pemungutan suara yang tidak final.

"Palingan mereka juga hanya mengambil sampel di beberapa TPS saja, dan tidak seratus persen," kata Edy.
Ia menjelaskan bahwa penghitungan suara secara resmi akan dilakukan pada rapat pleno yang dijadwalkan pada 4 Desember mendatang.
"Saya tidak bisa berkomentar siapa yang menang dan siapa yang kalah untuk saat ini. KPU tidak bisa menerka-nerka sampai nanti ada hasil atau keputusan resmi," katanya.
Pada Pilgub Riau putaran kedua sejumlah lembaga atau asosiasi melakukan penghitungan cepat.
Indobarometer, misalnya, dalam hitung cepat hingga pukul 17.00 WIB menyatakan pasangan nomor urut 2, Anas-Andi (Aman) unggul mutlak atas pasangan nomor urut 1 Herman-Agus (hebat).
Hasil quick count itu menyebutkan pasangan Anas Maamun - Arsyadjuliandi Rahman atau Anas-Andi yang diusung Partai Golkar berhasil mengumpulkan 59,64 persen suara.
Sementara pasangan Herman Abdullah - Agus Widayat (Herman-Agus) hanya mengumpulkan 40,36 persen suara.
Angka itu didasarkan pada 300 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau.
Sampel tersebut kurang dari 5 persen jumlah total 11.669 TPS tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau.
Hitung cepat juga dilakukan Asosiasi Ilmu Politik Indonesia, AIPI, bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, FISIP UnRi.
AIPI juga menyatakan pasangan Aman unggul sementara dari pasangan Hebat.

0 komentar:

Posting Komentar