Minggu, 03 November 2013

pukul 9 pagi adalah waktu yang cocok untuk ngopi??

Pukul 9 pagi, saat terbaik untuk minum kopi!

 Kebanyakan pecinta kopi tentu memiliki ritual untuk minum kopi di pagi hari untuk menghidupkan semangat sebelum beraktivitas. Minum kopi di pagi hari dipercaya bisa memberikan energi untuk menjalani rutinitas.

Namun sebuah penelitian terbaru dari NeuroscienceDC mengungkap bahwa efek kafein pada kopi tak selamanya bisa membantu meningkatkan energi. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah tingkat hormon stres kortisol pada tubuh. 


Semakin banyak jumlah hormon kortisol yang ada pada saat minum kopi, semakin banyak energi yang dihasilkan. Untuk itu, minum kopi tak harus selalu di pagi hari. Saat paling efektif untuk minum kopi adalah ketika jumlah hormon kortisol dalam tubuh sedang tinggi.

"Meski tingkat kortisol cukup tinggi pada pukul 8 - 9 pagi, namun ada beberapa waktu lain ketika hormon ini kembali naik, yaitu ketika pukul 12 hingga 1 siang dan antara pukul 05.30 sampai 6.30 sore," ungkap penulis penelitian Steven Miller, seperti dilansir oleh Shine! (01/11).

Menurut Miller, saat yang paling efektif untuk minum kopi adalah pada pukul 09.30 pagi sampai 11.30 menjelang siang. Saat-saat itu adalah ketika hormon kortisol berada pada tingkat tertinggi, dan menjelang siang, ketika hormon kortisol mulai menurun.

Meski begitu, penelitian lain berdasarkan National health Service di Inggris, saat terbaik minum kopi adalah ketika pukul 2.16 siang. Sayangnya penelitian ini tak didasarkan pada hal ilmiah, hanya melalui survei ketika partisipan mulai merasa lelah.

Bagaimana dengan Anda, pukul berapa Anda biasa menikmati kopi?

0 komentar:

Posting Komentar