Rabu, 23 Oktober 2013

AYO MENJAGA MATA AGAR LEBIH SEHAT


Mata adalah jendela dunia. Sebagai salah satu indera, penglihatan adalah sangat krusial dalam menopang kegiatan sehari-hari. Sekitar 80% kesadaran Anda akan dunia luar ditangkap oleh mata yang mengolah data tentang benda dalam ukuran, bentuk, warna, dimensi, dan pergerakan benda. Semua data itu dikirim ke otak yang memerintahkan tindakan yang akan dilakukan terhadap keadaan benda tersebut. Peran mata yang sangat penting ini tentunya harus dijaga dan diberi perlindungan terbaik. Berikut adalah beberapa tip untuk menjaga kesehatan mata.

  • Awasi Makanan AndaPenyebab kebutaan nomor satu pada orang dewasa adalah Diabetes. Segera lakukan pemeriksaan klinis untuk mengetahui kadar gula darah Anda, terlebih lagi bila Anda mempunyai garis keturunan dengan riwayat penyakit diabetes. Hindari makan gula berlebih dengan menjaga dan mengawasi makanan dalam menu sehari-hari.
  • Stop Merokok atau Hindari RokokAda satu lagi alasan untuk Anda berhenti merokok. Bila Anda tidak merokok, ini adalah satu lagi alasan untuk tidak merokok. Beberapa riset menemukan bahwa rokok menyebabkan katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makular yang kesemuanya berdampak pada kebutaan.
  • Lindungi Mata AndaLindungi selalu mata Anda saat beraktivitas di luar rumah. Gunakan kacamata hitam yang memiliki anti radiasi ultraviolet untuk mencegah mata terpapar sinar matahari secara langsung. Bila Anda banyak beraktivitas di lingkungan yang banyak bersinggungan dengan debu atau partikel kecil, gunakan masker pelindung mata.
  • Istirahatkan Mata AndaBila pekerjaan menuntut Anda berada di depan layar komputer dalam waktu yang lama, ingatlah selalu untuk mengistirahatkan mata secara rutin. Ini juga berlaku untuk Anda yang gemar membaca buku. Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan berpaling dan menatap objek lain selama 20-30 detik. Kegiatan ini akan melemaskan otot-otot mata yang tegang. Lakukan ini sesering mungkin untuk mengurangi kelelahan mata.
  • Nutrisi Penting Untuk MataMakanan menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Ini juga berlaku untuk mata Anda. Wortel sudah terkenal sebagai makanan yang baik untuk mata karena banyak mengandung vitamin A. Namun makanan yang tidak kalah penting bagi mata adalah sayuran berwarna hijau tua yang kaya akan kandungan nutrisi Luthein yang sangat baik untuk mata.
- SUMBER:  http://sehatuntuksemua.com

0 komentar:

Posting Komentar