Senin, 21 Oktober 2013

Penghargaan Israel untuk Tokoh Arab Picu Penolakan??

Demonstrasi Palestina-Israel (Foto: Reuters)


  KAIRO – Penghargaan dari Pemerintah Israel untuk tokoh perdamaian Mesir, Mohamed Helmy, memicu kontroversi. Pihak keluarga Helmy menolak menerima penghargaan tersebut.

Helmy adalah dokter Mesir yang tinggal di Jerman pada Perang Dunia II. Dia dipuji karena menyelamatkan banyak warga Yahudi dari ancaman Nazi. Dia menyembunyikan warga Yahudi di rumahnya.

Pihak keluarga menyatakan, mereka menolak karena perlakuan Israel terhadap Palestina. Kekejaman Israel dianggap bertolak belakang dengan sikap perdamaian Helmy.


“Jika negara lain yang memberikan penghargaan untuk Helmy, kami pasti akan menerimanya,” ujar anggota keluarga Helmy, Mervat Hassan, seperti dikutip Associated Press, Senin (21/10/2013).

Helmy sendiri sudah wafat pada 1982. Dia rencananya mendapat penghargaan “Righteous Among the Nations”. Penghargaan tersebut merupakan yang tertinggi di Israel untuk warga non-Yahudi.

 Israel memang kerap memberikan penghargaan bagi tokoh asing. "Salah satu tokoh yang pernah menerima penghargaan dari Israel yakni Presiden Amerika Serikat Barack Obama."

SUMBER: http://international.okezone.com

 

0 komentar:

Posting Komentar