Selasa, 22 Oktober 2013

MENDORONG PERDAMAIAN SEMENANJUNG KOREA MENLU KUNJUNGI KORUT

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa melakukan kunjungan ke Pyongyang, Korea Utara (Korut). Dalam kunjungannya, Menlu mendorong penciptaan situasi kondusif di Semenanjung Korea.

Menlu melakukan pembicaraan yang mendalam dengan Menlu Pak Ui Chun dan Presiden Presidium Kim Yong Nam mengenai upaya-upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif di Semenanjung Korea. Hal tersebut termasuk pembahasan mengenai isu denuklirisasi dan reunifikasi.

"Indonesia mendapatkan gambaran utuh pandangan dan pemikiran Korea Uara mengenai prospek stabilitas di Semenanjung Korea," tutur Marty dalam keterangan tertulis Kemlu RI, yang diterima Okezone, Selasa (22/10/2013). 

Menlu di Korea Utara (Foto: Dok.Kemlu)

Menlu mengatakan dirinya datang ke Korut untuk menyampaikan surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada pemimpin Korut Kim Jong Un. Surat itu diserahkan kepada Presiden Presidium Kim Yong Nam.

Dalam surat tersebut, Presiden RI menyampaikan arti penting hubungan baik kedua negara yang terjalin selama ini. Meskipun masih terdapat ruang yang sangat besar untuk meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan. Menurut Marty, Presiden SBY menekankan adanya peluang besar dalam hubungan kedua negara.


Selanjutnya dalam surat tersebut Presiden RI juga menekankan pentingnya stabilitas dan perdamaian di kawasan, khususnya di Semenanjung Korea. Hal tersebut sebagai prasyarat melanjutkan pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik di Indonesia maupun di Korut serta di kawasan. 

"Presiden RI tegaskan perlu adanya terobosan dalam mengintensifkan komunikasi antara kedua bangsa Korea, termasuk cara-cara non-tradisional," tutup Marty

SUMBER: http://news.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar