Minggu, 27 Oktober 2013

Kepala BPPT Resmikan PLTMG Langgam Pelalawan
























 



   Masyarakat Pelalawan resmi memiliki pembangkit listrik untuk atasi krisis energi. Menyusul peresmian PLTG Langgam oleh Ketua BBPT Marzan A Iskandar.

Riauterkini-PANGKALANKERINCI- Kepala Badan Pusat Penelitian (BPPT) DR Ir, Marzan A Iskandar meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Langgam. Peresmian PLTMG Langgam dengan kapasitas daya 15 Megawatt ditandai dengan pemencetan tombol sirene, di Gedung daerah Laksamana Mangkudiraja, Jumat (25/10/13).


Dalam kesempatan itu, Kepala BPPT mengaku kaget, melihat proses kilat pembangunan PLTMG Langgam. "Saya ingat April tahun lalu, bersama pak Hatta Rajasa, juga Meristek datang kesini untuk melakukan, kerjasama kawasasan Teknopolitan melalui program MP3I, juga dibicarakan rencana pembangunan PLTMG ini," terangnya.

Kurun waktu itu, Pemkab Pelalawan bisa mewujudkan dalam waktu satu tahun. "Jelas saja ini sebuah kerja gila. Begitu sukses dan secepat kilat. Ini tentunya, bukan kerjaan mudah, akan tetapi pak bupati bisa mewujudkannya," tegas Marzan.

Meskipun, tahap awal kapasitas daya yang dihasilkan oleh PLTMG baru 15 MW. Akan tetapi ini sebuah langkah maju. "Tadi saya kelapangan, pak bupati menyebutkan bakal melakukan penambahan daya lagi yakni dengan membangun pembangkit baru dengan kapasitas mencapai 50 MW. Jika hal ini terealisasi sudah barang tentu Pelalawan bisa mengekpor daya ke daerah lain," ujarnya.

Dia yakin, Bupati Pelalawan bisa mewujudkan penambahan daya ini."Saya yakin lagi, kabupaten Pelalawan 100 persen sudah terpenuhi listrik dan tidak perlu lagi menunggu, bebas listrik tahun 2025," tandasnya.

EMP Bentu Pasok Gas ke PLTG Langgam

EMP Bentu Limited (sebelumnya bernama EMP Kalila Bentu) berkomitmen memasok gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Langgam, di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Gas sebesar 3 MMscfd (Million Metric Standard Cubic Feet per Day) itu dipasok EMP Bentu dari Lapangan Seng dan Segat sejak 4 Agustus 2013.

Kepala Humas Energi Mega Persada (EMP) Heru Hardono mengatakan, pada tahap awal EMP Bentu memasok sejumlah rata-rata 1,7 MMscfd. Mengingat mesin milik PLTG Langgam tersebut baru bisa menyerap gas sebesar itu, sehubungan dengan kapasitas penyerapan listrik PLN.

“Nanti setelah PLN dapat menerima pasokan listrik dari Langgam Power secara penuh, EMP Bentu akan memasok gas secara penuh pula, yakni sebesar 3 MMscfd,” tutur Heru Hardono.

Heru menambahkan, pasokan gas sebesar 3 MMscfd tersebut sesuai dengan angka yang tertera dalam perjanjian jual beli gas (PJBG) yang ditandatangani oleh CEO Energi Mega Persada (EMP) Imam P Agustino dan Direktur PT Tuah Sekata, Sanusi, pada Jumat (2/8) lalu. EMP Bentu Limited akan terus memasok gas kepada PLTG Langgam sejak penandatanganan PJBG hingga 19 Mei 2021, atau hingga gas yang dipasok mencapai angka sebesar 8.121 BBTU.

“Komitmen pasokan gas EMP Bentu kepada PLTG Langgam ini merupakan langkah kongkrit perusahaan dalam mendukung program “Pelalawan Terang” yang dicanangkan oleh Bupati Pelalawan HM Harris. Tujuannya, agar lebih banyak masyarakat di Kabupaten Pelalawan bisa menikmati listrik,

sumber : http://www.riauterkini.com

0 komentar:

Posting Komentar